POTENSI DAN PELUANG INVESTASI
DI KOTA TANGERANG SELATAN
idarenfrdehihujakoru
SAMBUTAN

 

Walikota_Tual.jpg

AIRIN RACHMI DIANY, SH., MH., MKn.

WALIKOTA TANGERANG SELATAN

....

Ibu Airin dilahirkan di Kota Banjar pada tanggal 28 Agustus 1976 dan menjabat sebagai Walikota Tangerang Selatan sejak tanggal 20 April 2011.

Pendidikan formal dasarnya setelah lulus dari Sekolah Dasar, ditempuh di SMP Negeri 5 Bandung (lulus tahun 1991) dan dilanjutkan ke SMA Negeri 20 Bandung (lulus tahun 1994). Pendidikan tinggi (Strata 1 Hukum) diselesaikan di Fakultas Hukum, Universitas Parahyangan Bandung (lulus tahun 1999), kemudian mendapatkan SP-1 di Universitas Padjadjaran Bandung (tahun 2002) dan kemudian Strata 2 (Magister Hukum) juga didapatkan di Universitas Padjadjaran Bandung (tahun 2005).

Pendidikan non-formal didapatkan beliau pada Pelatihan Teknis Calon Notaris oleh Ditjen Administrasi Hukum Umum Departemen Kehakiman dan HAM RI (2003); Diklat Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional RI (2005); Pendidikan dan Pelatihan bagi Notaris Pasar Modal oleh Lembaga Managemen Keuangan dan Akuntansi Pasar Modal (2005); dan Up Grading and Refresing Course Ikatan Notaris Indonesia (2006).

Karier beliau tercatat sebagai Asisten Notaris Imas Tarwiyah, SH, MH (1999); Notaris di Kabupaten Tangerang (2004); Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Tangerang (2008); dan Wali Kota Tangerang Selatan (2011-sekarang).

Beliau sangat berpengalaman dalam berorganisasi karena aktivitasnya sebagai Ketua PMI Kota Tangerang Selatan (2009-Sekarang); Dewan Pembina KNPI Kota Tangerang Selatan (2010-2013); Dewan Pembina PRAMUKA Kota Tangerang Selatan; Wakil Ketua KPAID Kota Tangerang Selatan; Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kota Tangerang Selatan; Penanggung Jawab Relawan Banten Bersatu (RBB) untuk Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan; Ketua Dewan Penyantun Kaukus Perempuan Peduli Kesehatan Kota Tangerang Selatan; Pembina Forum Masyarakat Peduli Pendidikan dan Kesehatan Provinsi Banten; Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Provinsi Banten; Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Wilayah Banten; dan Pengurus Ikatan Alumni Notariat (IKANO) UNPAD Bidang Hubungan Antar Lembaga (2007-2011).

 

Walikota_Tual.jpg

BAMBANG NOERTJAHJO, SE.Ak

KEPALA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

KOTA TANGERANG SELATAN

....

Assalamu’alaikum warrahmatullaahi wa barakatuh,

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, atas terbitnya buku Profile of the 10 Potential Regions for Investment in Indonesia”, kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Walikota Tangerang Selatan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dan mendorong mengembangkan investasi di Kota Tangerang Selatan.

Buku ini berfungsi sebagai sarana informasi dan promosi investasi yang ada di Kota Tangerang Selatan sekaligus memuat tentang kondisi serta potensi dan peluang investasi Kota Tangerang Selatan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, melalui Profile of the 10 Potential Regions for Investment in Indonesia ini kami  menginformasikan Sistem Informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis potensi investasi diantaranya investasi unggulan yang dapat diimplementasikan melalui aplikasi bisnis bernama “Tangsel Virtual Consulting For Bussiness” (TVCFB)  ttp://dpmptsp.tangerangselatankota.go.id/investasi yaitu sebuah aplikasi teknologi informasi yang memungkinkan pemohon untuk dapat melihat potensi dan lokasi untuk melakukan investasi/usaha dan sekaligus mengurus perizinan secara real time di Kota Tangerang Selatan.

Semoga Profile of the 10 Potential Regions for Investment in Indonesia ini dapat bermanfaat dan berkontribusi kepada calon investor, masyarakat dunia usaha di Daerah dan juga dapat meningkatkan kinerja pelayanan pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kota Tangerang Selatan.

VISI
MISI

Misi yang diemban untuk mengimplementasikan perwujudan Visi dimaksud di atas, yaitu :

 1.  Mengembangkan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing
 2. Meningkatkan infrastruktur kota yang fungsional
 3. Menciptakan kota layak huni yang berwawasan lingkungan
 4. Mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis inovasi dan produk unggulan
 5. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi informasi.



GAMBARAN UMUM
Letak, Luas dan Batas Wilayah

gu4

Tangerang Selatan merupakan Kota termuda di Provinsi Banten dari pemekaran wilayah Kabupaten Tangerang tahun 2008, terletak di bagian Timur Propinsi Banten yang secara geografis berada diantara 6º39’ - 6º47’ Lintang Selatan dan 106º14’ - 106º22’ Bujur Timur dengan luas wilayah 147,19 kilometer persegi (km²) atau sebesar 1,63% dari luas wilayah Provinsi Banten. Sedangkan secara administratif, Kota Tangerang Selatan terdiri dari 7 Kecamatan dan 54 Kelurahan serta 3.844 Rukun Tetangga dan 735 Rukun Warga. Wilayah Kota Tangerang Selatan mempunyai batas administrasi sebagai berikut Kota Tangerang dan DKI Jakarta di Utara; Provinsi Jawa Barat (Kota Depok) dan DKI Jakarta di Timur; Provinsi Jawa Barat (Kab. Bogor) dan Kota Depok di Selatan; dan Kabupaten Tangerang di Barat.

Topografi, Geologi dan Penggunaan Lahan

Tinggi wilayah antara 14,8 m di atas permukaan laut (m dpl) yaitu Kecamatan Setu dan 29,88 m dpl (Kecamatan Pondok Aren). Sebagian besar wilayah Kota Tangerang Selatan merupakan dataran rendah dan memiliki topografi yang relatif datar dengan kemiringan tanah rata-rata 0-3%, sedangkan ketinggian wilayah antara 0-25 mdpl. Untuk kemiringan secara garis besar terbagi dari 2 (dua) bagian, yaitu: (1) Kemiringan antara 0-3% meliputi Kecamatan Ciputat, Kecamatan Ciputat Timur, Kecamatan Pamulang, Kecamatan Serpong dan Kecamatan Serpong Utara; dan (2) Kemiringan antara 3-8% meliputi Kecamatan Pondok Aren dan Kecamatan Setu. Kota Tangerang Selatan merupakan daerah yang relatif datar. Beberapa Kecamatan memiliki lahan yang bergelombang, seperti di perbatasan antara Kecamatan Setu dan Kecamatan Pamulang serta sebagian di Kecamatan Ciputat Timur. Kondisi geologi Kota Tangerang Selatan umumnya cocok untuk pertanian/perkebunan. Meskipun demikian, dalam kenyataannya makin banyak yang berubah penggunaannya untuk kegiatan lainnya yang bersifat non-pertanian. Untuk sebagian wilayah seperti Kecamatan Serpong dan Kecamatan Setu, jenis tanah ada yang mengandung pasir khususnya untuk wilayah yang dekat dengan Sungai Cisadane.

Iklim

Data pada Balai Besar II BMKG Ciputat adalah suhu udara rata-rata: 27,7oC; kelembaban udara rata-rata: 79,4%; tekanan udara rata-rata: 1.010,9 mbar; kecepatan angin rata-rata: 8,3 knot; penyinaran matahari rata-rata: 52%. Jumlah rata-rata curah hujan: 236,0 mm3 dengan 15,7 hari hujan. Sedangkan data yang terdapat di Stasiun Klimatologi Pondok Betung adalah kecepatan angin rata-rata: 12,1 knot dari arah 155,8 Tenggara; penyinaran matahari 52,0%; suhu udara rata-rata: 27,7oC; kelembaban udara rata-rata: 79,4%; tekanan udara rata-rata: 1.010,9 mbar; jumlah curah hujan rata-rata 240,6 mm3 dengan 15,8 hari hujan; 

(Sumber Data: Kota Tangerang Selatan Dalam Angka 2019)

Demografi

Jumlah penduduk Kota Tangsel mencapai 1.696.308 orang dalam 432.418 rumah tangga dengan kepadatan 11.524 orang/km2, laju pertumbuhan 3,13%, terdiri dari 854.013 laki-laki dan 842.295 wanita (rasio: 101,39). Angkatan Kerja tercatat 795.582 orang (758.440 orang yang bekerja dan 37.142 orang Pengangguran); Non-Angkatan Kerja sebanyak 489.370 orang. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK): 61,92% dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT): 4,67%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM): 81,17 (tertinggi di Provinsi Banten). Tangerang Selatan adalah Kota terbesar kedua di Banten dan terbesar kelima di kawasan Jabodetabek dalam hal jumlah penduduk. Semula merupakan wilayah hunian penyangga DKI Jakarta, berkembang menjadi pusat aktivitas bisnis dengan perdagangan dan jasa sebagai aktivitas utamanya. Sebagian besar penduduk berusia muda, memiliki karakter urban dengan aktivitas komunitas yang hidup.

Kota Tangsel memiliki 1.096.901 orang beragama Islam; 73.591 orang beragama Protestan; 44.435 orang beragama Katolik; 2.880 orang beragama Hindu; 12.250 orang beragama Budha dan 543 orang beragama/ kepercayaan lainnya.

Perekonomian

Laju pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar Harga Konstan 2010 adalah 7,43%. Sumbangan tertinggi pada adalah Sektor Real Estate sebesar 17,32%, kemudian diikuti oleh Sektor Perdagangan sebesar 16,8%, Sektor Konstruksi sebesar 15,81%, Sektor Informasi dan Komunikasi sebesar 11,03%. Sektor berikutnya yang kontribusinya relatif cukup besar adalah Sektor Industri Pengolahan dengan andil sebesar 9,64%.

(Sumber Data: Kota Tangerang Selatan Dalam Angka 2019)

SARANA DAN PRASARANA
sample74
Bandara

Kota Tangerang Selatan memiliki bandar udara yaitu Bandara Pondok Cabe yang terletak di Kecamatan Pamulang. Bandara ini dikelola oleh PT PERTAMINA dan  merupakan home base untuk Pelita Air Service yang merupakan anak perusahaannya. Disini juga terdapat bengkel perawatan Pelita Air yaitu Indo Pelita. Selain untuk penerbangan sipil, Bandara Pondok Cabe juga digunakan sebagai pangkalan militer, antara lain pangkalan  dari Skuadron 21/Sena Dinas Penerbangan Angkatan Darat (DISPENERBAD) dan Dinas Polisi Air dan Udara (POLAIRUD). Bandara ini mempunyai satu landasan pacu (runway 18/36) dengan panjang 1986 meter dan lebar  45 meter.

sample74
Jalan Raya

Panjang jalan mencapai 467,083 km dengan rincian: 9,81 km jalan Negara; 51,613 km jalan Provinsi; dan 405,66 km jalan Kabupaten.

sample74
Transportasi

Terdapat 34.732 unit kendaraan transportasi darat dalam berbagai jenis, dengan 42 halte milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kota ini memiliki 5 Stasiun Kereta Api yaitu: Pondok Ranji, Sudimara, Serpong, Rawabuntu dan Jurangmangu.

sample74
Perbankan

Hampir semua Bank Pemerintah maupun Swasta ada di Kota ini, antara lain: BRI, BCA, Bank Mandiri, BTN, Bank Jabar Syariah, Bank Danamon, Bank Index, Nobu Bank, Bank Yudha Bhakti, BSM dan BNI dengan semua perangkat operasionalnya.

sample74
Kesehatan

Hampir semua Bank Pemerintah maupun Swasta ada di Kota ini, antara lain: BRI, BCA, Bank Mandiri, BTN, Bank Jabar Syariah, Bank Danamon, Bank Index, Nobu Bank, Bank Yudha Bhakti, BSM dan BNI dengan semua perangkat operasionalnya.

sample74
RSUD

Fasum dan Fasos: PENDIDIKAN: Taman Kanak-Kanak (TK): 512 unit; Raudatul/ Bustanul Athfal: 94 unit; Sekolah dasar (SD): 306 unit; Madrasah Ibtidaiyah (MI): 84 unit; Sekolah Menengah Pertama (SMP): 173 unit; Madrasah Tsanawiyah (MTs): 44 unit; Sekolah Menengah Atas (SMA): 152 unit; Madrasah Aliyah (MA): 17 unit; dan 22 Perguruan Tinggi . TEMPAT PERIBADATAN: 537 masjid; 933 mushola; 204 gereja Protestan; 6 gereja Katolik; 3 Pura; 12 Vihara dan 2 Klenteng; LAINNYA: 2 lapangan Gedung Olah Raga; 25 lapangan bulutangkis; 29 lapangan Volley ball; 17 lapangan tenis; 18 kolam renang; 50 lapangan futsal; 15 lapangan basket ball; dan 1 Club House GOR/GSG. Terdapat 18 Jembatan Penyeberangan Orang di Kota Tangsel.

(Sumber Data: Kota Tangerang Selatan Dalam Angka 2019)

sample74
Pendidikan
sample74
Mesjid
sample74
Taman kota
PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
Alur Perizinan Investasi melalui Media Surat
Series Realisasi Investasi 2012 - 2019
Series Realisasi Investasi 2012 - 2019
Jenis-jenis Perizinan dan Non-Perizinan (PeraturanWalikota Tangerang Selatan No. 33 Tahun 2018)Series Realisasi Investasi 2012 - 2019

Kemudahan penanaman modal adalah penyediaan fasilitas dari Pemerintah Daerah kepada penanam modal untuk mempermudah setiap kegiatan penanaman modal dalam rangka mendorong peningkatan penanaman modal. Pemerintah Daerah dapat memberikan kemudahan berupa kemudahan pelayanan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di bidang penanaman modal, kemudahan pelayanan dan/atau perizinan kepada perusahaan penanaman modal, penyediaan data dan informasi peluang penanaman modal dan penyediaan sarana dan prasarana. Insentif penanaman modal adalah berupa dukungan dari Pemerintah Daerah kepada penanam modal dalam rangka mendorong

Jenis-jenis Perizinan dan Non-Perizinan (PeraturanWalikota Tangerang Selatan No. 33 Tahun 2018)Series Realisasi Investasi 2012 - 2019
Sektor Pendidikan dan Kebudayaan
Perizinan   
 1.    Izin Usaha Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta
 2.   Izin Lembaga Pelatihan Kerja
    Izin Bursa Kerja Luar Negeri
    Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
 1.   Surat Pengantar Izin Pendirian Sekolah Luar Biasa
 2.    Surat Pengantar Izin Pendirian Sekolah Menengah Atas
 3.   Surat Pengantar Izin Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan
Sektor Kesehatan
Perizinan   
 1.    Izin Mendirikan Rumah Sakit
 2.   Izin Operasional Rumah Sakit
 3.   Izin Operasional Klinik
 4.   Izin Operasional Laboratorium Klinik Umum dan Khusus
 5.   Izin Apotek
 6.   Izin Toko Obat
 7.    Izin Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
 8.   Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga
 9.   Sertifikat Higiene Sanitasi Pangan
10.   Izin Perusahaan Rumah Tangga Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga
11.   Izin Toko Alat Kesehatan
12.   Izin Penyelenggaraan Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
13.   Izin Penyelenggaraan Klinik Hemodialisa
14.   Izin Operasional Radiologi
15.   Izin Penyelenggaraan Pelayanan Radiologi Diagnostik
16.   Izin Operasional Optikal
17.   Izin Praktek Dokter Spesialis
19.   Izin Praktek Dokter Umum
20.   Izin Praktek Dokter Gigi
21.   Izin Praktek Perawat
22.   Izin Praktek Perawat Gigi
23.   Izin Praktek Penata Anestesi
24.   Izin Praktek Bidan
25.   Izin Praktek Apoteker
26.   Izin Praktek Tenaga Kefarmasian
27.   Izin Praktek Ahli Teknologi Laboratorium Medik
28.   Izin Praktek Radiografer
29.   Izin Praktek Fisioterapis
30.   Izin Praktek Optisien
31.   Izin Praktek Tenaga Gizi
32.   Izin Praktek Sanitarian
33.   Izin Praktek Tenaga Elektromedis
34.   Izin Praktek Terapis Wicara
35.   Izin Praktek Okupasi Terapis
36.   Izin Praktek Tenaga Kesehatan Traditional
37.   Surat Terdaftar Penyehat Tradisional
38.   Izin Operasional Pusat Kesehatan Masyarakat
39.   Izin Praktek Rekam Medis
40.   Izin Unit Transfusi Darah
41.   Izin Operasional Ambulan
42.   Izin Praktek Fisika Medis
43.   Izin Praktek Teknisi Kardiovascular
Non Perizinan   
 1.   Rekomendasi Izin Mendirikan Rumah Sakit Kelas B
 2.    Rekomendasi Izin Operasional Rumah Sakit Kelas B
 3.   Rekomendasi Izin Penyelenggaraan Laboratorium Klinik Madya
 4.   Rekomendasi Izin Cabang Distribusi Alat Farmasi
 5.   Rekomendasi Izin Cabang Distribusi Alat Kesehatan
 6.   Rekomendasi Izin Usaha Kecil dan Mikro Obat Tradisional
 7.   Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit
 8.   Rekomendasi KRekomendasi Izin Penyelenggaraan Pengendaliaalibrasi Alat Kesehatan
Sektor Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat
Perizinan   
 1.    Izin Usaha Jasa Konstruksi
 2.   Izin Lokasi
 3.   Izin Mendirikan Bangunan
 4.   Surat Izin Peil Banjir
 5.   Sertifikat Laik Fungsi
 6.   Pengesahan Pertelaan
 7.    Izin Penggunaan Pemanfaatan Tanah
 8.   Izin Penyelenggaraan Reklame
 9.   Izin Penggunaan Petak Makam
10.   Izin Operasional Jasa Pelayanan Prosesi Pemakaman/Pengabuan
11.   Izin Penggalian Jenazah/Kerangka
Non Perizinan   
 1.   Rekomendasi Penerangan Jalan Umum
 2.    Kartu Penanggung-jawab Teknik Badan Usaha
 3.   Pengesahan Dokumen Perencanaan Perumahan
 4.   Pengesahan Rencana Tapak
Sektor Ketenagakerjaan
Perizinan   
 1.    Izin Usaha Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta
 2.   Izin Lembaga Pelatihan Kerja
 3.   Izin Bursa Kerja Luar Negeri
 4.   Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
Sektor Lingkungan Hidup Dan Kehutanan
Perizinan   
 1.    Izin Lingkungan
 2.   Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup
 3.   Izin Operasional Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Limbah B3) untuk Penghasil
 4.   Izin Pembuangan Air Limbah
 5.   Izin Pengelolaan Sampah
Non Perizinan   
 1.   Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup
 2.    Rekomendasi UKL-UPL
Sektor Perhubungan
Perizinan   
 1.    Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang
 2.   Persetujuan Hasil Analisis Dampak Lalu Lintas
 3.   Izin Penyelenggaraan Tempat Khusus Parkir
 4.   Izin Kartu Pengawasan Angkutan Perkotaan
 5.   Izin Operasi Angkutan Khusus
Sektor Komunikasi Dan Informatika
Perizinan   
 1.    Izin Penyelenggaraan Instalasi Kabel Rumah/Gedung
 2.   Izin Penyelenggaraan Warung Internet
 3.   Izin Penyelenggaraan Warung Telekomunikasi
 4.   Izin Penyelenggaraan Instalasi Kabel Optik
 5.   Izin Penempatan Perangkat telekomunikasi
Non Perizinan   
 1.   Rekomendasi Penyelenggaraan Penyiaran Radio/Televisi Daerah
 2.    Rekomendasi Penyelenggaraan Amatir Radio/Radio Antar Penduduk
 3.   Rekomendasi Zona Menara Telekomunikasi
Sektor Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah
Perizinan   
 1.    Izin Koperasi Simpan Pinjam
 2.   Izin Pembukaan Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam
 3.   Izin Pembukaan Kantor Cabang Pembantu Koperasi Simpan Pinjam
 4.   Izin Pembukaan Kantor Kas Koperasi Simpan Pinjam
 5.   Izin Usaha Mikro dan Kecil / Micro and Small



Sektor Kelautan Dan Perikanan
Perizinan   
 1.    Surat Izin Usaha Perikanan
 2.   Tanda Daftar Bagi Pembudidaya Ikan Kecil
 3.   Izin Usaha Depo/Toko Obat Ikan
Non Perizinan   
 1.   Rekomendasi Distributor Eskportir/Importir Obat Ikan
Sektor Pariwisata
Perizinan   
 1.    Tanda Daftar Usaha Pariwisata
Sektor Pertanian
Perizinan   
 1.    Izin Usaha Peternakan
 2.   Izin Usaha Depo/Toko Obat Hewan
 3.   Surat Izin Praktek Dokter Hewan
 4.   Surat Izin Praktek Dokter Hewan Tenaga Asing
 5.   Izin Tempat Praktik Dokter Hewan Mandiri
 6.   zin Tempat Praktik Dokter Hewan Bersama
 7.   Izin Klinik Hewan
 8.   Izin Rumah Sakit Hewan
 9.   Izin Laboratorium Kesehatan Hewan
10.   Izin Rumah Potong Hewan
Sektor Perdagangan
Perizinan   
 1.    Surat Izin Usaha Perdagangan
 2.   Surat Tanda Pendaftaran Waralaba
3.   Tanda Daftar Gudang
Sektor Perindustrian
Perizinan   
 1.    Izin Usaha Industri
 2.   Izin Usaha Industri
 3.   Izin Perluasan
POTENSI DAN PELUANG INVESTASI
Wisata Regligi

Sektor Peternakan: Populasi ternak tercatat 375 sapi potong; 38 kerbau; 49 kuda; 716 kambing; 242 domba; dan 34 babi. Untuk unggas terdata: 569 ayam kampung; 53.000 ayam petelur; 91.492 ayam pedaging dan 2.330 itik.


Sektor Industri, Energi dan Sumber Daya Mineral: Ada 134 perusahaan dengan 5.527 tenaga kerja dan Rp. 231.901.061.968 nilai produksi. Di Kota ini tidak ada Industri Galian Bukan Logam, Industri Pertambangan dan Industri Pariwisata. Listrik tercatat 10.009.823 KW daya terpasang; 2.296.334.156 KWh produksi; 1.413.263.491 KWh listrik terjual pada 352.085 pelanggan. Air Minum yang dilayani oleh PDAM Tata Kerta Raharja Kabupaten Tangerang memiliki 15.016 pelanggan dengan jumlah pemakaian: 260.439 m3.


Sektor Perdagangan: Sarana Perdagangan: 13 Pasar Tradisional; 4 Pasar Perkulakan; 160 mini-market; 7 Mall; dan 202 rumah makan/restoran.


Sektor Pariwisata: Jumlah hotel: 19 hotel berbintang dan 11 hotel non-bintang dengan jumlah kamar seluruhnya 2.644 unit dan 3.894 tempat tidur. Kota Tangerang Selatan memiliki cukup banyak daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

Wisata Alam

Situ Gintung: dibangun pada rentang tahun 1932-1933 di Kecamatan Ciputat Timur, yang dikembangkan sebagai tempat wisata


Tandon Ciater: Di lahan seluas 7 ha ini tersedia sarana rekreasi yaitu perkemahan, Rumah Adat Betawi Blandongan, memancing, Jogging Track, sarana olah raga lainnya dan arena bermain anak.


Taman Kota 1: berada di atas lahan seluas 2,5 ha dan memiliki 60 jenis tanaman dengan total 2000 batang pohon, menjadi paru-paru kota. Kawasan ini sekaligus sebagai wahana menambah ilmu untuk anak- Di belakang taman kota, ada sebuah jembatan gantung yang menghubungkan ke depan sekolah Al Azhar. 


Hutan Kota 2: Berada di lahan yang cukup luas yaitu 9 ha, terdapat danau buatan seluas 2 ha, mini water flow (air terjun buatan setinggi 1 meter) dan 7.000 batang pohon. Hutan buatan ini juga difungsikan sebagai laboratorium alam di bidang botani, dengan ikon berupa jembatan berwarna merah yang membentang di atas anak Sungai Cisadane yang disebut Jembatan Merah Cinta.

Wisata Budaya

Rumah Budaya Puspo Budoyo: berawal dari refleksi keprihatinan terhadap pupusnya kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan sendiri di tengah derasnya arus modernisasi. Di tempat masyarakat dapat melakukan apresiasi Budaya Nusantara. Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo ini memiliki tujuan yaitu pelestarian seni drama panggung tradisional dan pengembangan serta pembinaan Seni Tradisi.

Wisata Religi

Makam Kramat Tajug: makam Raden Muhammad Atief (Tubagus Atief) berada di dalam Surau berdampingan dengan Ratu Ayu, adiknya. Kompleks ini dinamakan Gunung Puyuh dengan luas sekitar 2 ha. Setiap minggu ketiga pada setiap bulannya dengan dihadiri +300 orang keturunan Kramat Tajug dilakukan ziarah dan tahlil. Setiap tanggal 14 Maulid diadakan pencucian benda-benda milik Tubagus Atief.

Wisata bangunan buatan

Upside Down World Alam Sutera: Keunikan dalam berfoto dengan posisi terbalik. Objek foto di studio Upside Down World Alam Sutera disusun sedemikian rupa di langit-langit ruangan.  

Ocean Park BSD City: adalah taman bermain air modern dengan lebih dari 10 wahana air yang dapat dinikmati, favorit pengunjung adalah Carribean River, Flying Tower atau Slide n Fun dan Slide Racer dan Zona Pasific Wave bila ingin bersantai di kolam  yang mirip pantai.

BXRink: Bintaro Jaya Xchange Ice Skating Rink: arena bermain ice skating Bintaro Xchange layaknya di kutub, tempat belajar dunia skating, ada program skating academydengan cabang olahraga untuk belajar figure skating, ice hoki, atau short track speed skating.

Wisata Edukasi

Kandank Jurank Doank: Kandank Jurank Doank berkembang menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi anak-anak dari kalangan manapun. Disini anak-anak diajarkan bagaimana nikmatnya belajar di luar ruangan bersimbah hangatnya cahaya matahari dan bersatu dengan alam. Sarana olah raga di KJD juga cukup lengkap mulai dari lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, sampai dengan flying fox.


Tanah Tingal: berlokasi di Desa Baru, Jombang, Ciputat ini bisa jadi pilihan untuk kegiatan alam pada anak-anak. Terdapat galeri foto hingga berkubang dengan lumpur. Suasana hutan, rumah dengan etnik Jawa, kolam renang, lapangan luas, kebun anggrek, danau untuk bermain kano, kawasan berair yang mirip rawa, kebun sayur, dan sebidang sawah dapat dilihat disini. Khusus kegiatan bird watching hanya dapat dilakukan pada jam 05:00 – 07:00.


Kampung Dongeng: terletak di Jalan Musyawarah RT 04/01 No. 99 Kampung Sawah, Ciputat, sangat perhatian pada pendidikan anak-anak khususnya dalam membangun karakter anak.


Wisata Sambil Belajar di PUSPIPTEK: salah satu obyek wisata edukasi yang terletak di kawasan Serpong. Di sini pengunjung diajak berekreasi sambil mempelajari ilmu pengetahuan yang langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wisata Kuliner

Beberapa tempat Wisata Kuliner antara lain adalah: Flavour Bliss, Rumah Makan Ikan Cere; Pasar Modern, Soto Betawi Haji Mamat, Bakso Jawir Serpong dan Raja Kepiting.

TABULASI PROGRAM PENANAMAN MODAL ASING (PMA) DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) KOTA TANGERANG SELATAN
TABULASI PROGRAM PENANAMAN MODAL ASING (PMA) DAN PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) KOTA TANGERANG SELATAN
PETA KABUPATEN KEPULAUAN SULA

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
KOTA TENGERANG SELATAN

Jl. Raya Serpong KM.13 Serpong Kota Tangerang Selatan 15323,
Telp. (021) 53150120/53150120, Fax. 53150117
Email : dpmptsp@tangerangselatankota.go.id
Facebook
: Dpmptsp Tangerang Selatan

Instagram : dpmptsp.tangsel
Twitter : @dpmptsp_tangsel

Module with ID: 158 not found
No events found.